Aksara Jawa Akan Menjadi Salah Satu "Font" di Microsoft

9:12 PM


Rakyat Indonesia boleh berbangga, karena sebentar lagi Aksara Jawa akan menjadi salah satu jenis huruf (font) dalam program Windows.

“UNESCO telah membantu kami untuk mendaftarkan Aksara Jawa masuk ‘font’ computer kepada Unicode” Kata pemerhati aksara dan bahasa Jawa Ki Demang Sokowetan seperti dikutip Antaranews.com. Beliau menegaskan bahwa Unicode telah mengakui aksara Jawa masuk font computer.

Salah satu alasan mengapa Aksara Jawa ini bisa menembus benteng Unicode selaku lembaga resmi yang berwenang membuat standar kode pada sistem komputer di seluruh dunia adalah ketertarikan UNESCO untuk menyelamatkan aksara Jawa dari kepunahan.

Ki Demang juga mengatakan bahwa ‘software’ yang dia ciptakan bisa digunakan untuk mengetik Bahasa dan Aksara Jawa dengan benar  asalkan bisa menggunakan program Ms Word. Penggunaan aplikasi font yang diberi nama “Ajisaka” ini sama saja dengan penggunaan font-font lain seperti Times New Roman dan lainnya.

Hingga kini, katanya, banyak teman peneliti asing siap membantu peluncuran "software Jawa" itu di negaranya. "Saya masih berharap peluncuran software Jawa itu ya di Jawa, saya menunggu respons pihak berwenang dulu," katanya.

Wah, kalau Aksara Jawa sudah bisa masuk Microsoft, kapan pemerhati Aksara Batak dan aksara-aksara lain bisa menjebolkan Aksara kebanggan kita itu?

Kita tunggu...

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Subscribe