Berterima Kasihlah, Web Merevolusi Internet

2:12 AM

KOMPAS.com — Mengakses situs web di internet pastinya telah menjadi keseharian Anda. Namun, tahukah Anda, internet menjadi lebih populer seperti saat ini dengan adanya teknologi world wide web (WWW). Internet lebih manusiawi karena situs web disajikan dengan bahasa sehari-hari, bukan lagi susunan kode dan angka-angka.

Asal tahu, bulan ini adalah peringatan 20 tahun kehadiran situs web pertama di dunia. Situs web pertama kali dipublikasikan pada 6 Agustus 1991. Tim Berners Lee adalah orang pertama yang mengembangkan teknologi tersebut di fasilitas lembaga penelitian nuklir CERN di Swiss.

Ia menjalankan situs web tersebut dengan komputer NeXT di tempat itu. Alamat situs web http://info.cern.ch adalah alamat pertama di dunia itu. Halaman dari situs web itu ialah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html. Situs web itu berisi informasi proyek WWW. Pengunjung bisa belajar bagaimana membuat web dan cara menggunakan web untuk mengakses informasi.

Pastinya situs web pertama itu sangatlah sederhana. Tak ada screenshot pada halaman situs web tersebut. Perubahan terkait penambahan informasi tentang berkembangnya proyek WWW yang sedang berjalan dilakukan secara manual setiap hari. Tentu satu-satunya orang yang memiliki browser situs web itu adalah Lee dan rekan-rekannya di CERN. Tak mengherankan jika banyak orang abai pada momentum ini.
Meski demikian, pada perkembangannya, situs web terus berkembang sejak itu dan mencapai salah satu momentum besar ketika ada browser Mosaic tahun 1993. Pada tahun 1994, Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di MIT untuk membuat standar situs web sehingga memastikan semua yang ada bekerja dengan cara yang sama. Saat ini ada beragam cara yang berkembang, tetapi semua itu tak akan tercipta tanpa W3C.

Saat ini, website dan internet seolah menyatu. Padahal, ada masa di mana keduanya terasa sangat berbeda dan memang pada dasarnya berbeda. Internet adalah infrastruktur yang menghubungkan komputer. Adapun web adalah cara untuk mengakses informasi lewat internet memakai browser.

Perkembangan situs web begitu pesat saat ini, tidak hanya untuk mengakses informasi sederhana, tetapi juga menikmati hiburan, sarana pendidikan, dan bahkan mendatangkan uang. Dengan pencapaian teknologi ini, pantaslah kita mengatakan "happy birthday" pada web yang telah merevolusi internet. Semoga keberadaannya bisa semakin menyejahterakan manusia di seluruh dunia.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Subscribe